MENYEMAI BENIH

MENYEMAI BENIH
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUWH5pJ_tyi-IoONYQZEtErjVi6DnDnpLtvfRylLhFGcU3SjZ9ABLgp-m9L2DLPceKYsdgauZHUy8XhxnCG51E-tl34l89g9UendAfYh2ojI4OoAXmeLOLUWQQdbEdO5R-C-2UHtXlrUOG/s72-c/seedlings-lettuce-hardening-off_xl.jpg



Menyemai benih merupakan hal penting yang nantinya menentukan pertumbuhan tanaman. Cara menyemai benih sangatlah beragam caranya. Namun kali ini ninufarm akan berbagi cara menyemai yg biasa dipakai.



1.) Benih Berukuran Sangat Kecil
Benih : Seledri, Wortel, Parsley, Mint, Bayam,dll
Benih Seledri

Benih Bayam

2.) Benih Ukuran Kecil
Benih : Kangkung, Caisim, Tatsoy Pagoda, Pakchoy, Selada, Kubis, Cauliflower, Cabai, Terong, Tomat, Sweet Basil, Kemangi, Lobak, Radish, Zinniadll.

Benih Kubis

Benih Selada
Benih Cabai

3.) Benih Ukuran Sedang-Besar
Benih : Timun, Jagung, Zuchini, Okra, Rosella, Kacang Panjang, Buncis, Kapri, Labu, Pare, Gambas Sunflower, dll.
Benih Jagung
Benih Sunflower
Benih Labu



Benih Berukuran Sangat Kecil
Benih Bayam, wortel, seledri, mint dll yg berukuran halus maka tidak perlu disemai. Biasanya ninufarm cukup menggemburkan media tanam lalu menebar benih tersebut, kemudian benih ditutup dengan media tanam yang tipis. Diusahakan agar benih berukuran halus tidak tertimbun tanah berlebih, cukup tipis-tipis saja. Media tanam perlu dijaga kelembapannya karena letak benih yang sangat dekat dengan permukaan tanah sehingga lebih mudah kering. Hal ini dapat diatasi dengan menempatkannya ditempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari pagi. Agar benih tidak hanyut terkena air siraman maka penyiraman bisa dilakukan dengan spray. Terkadang agar benih tidak terkena panas terik matahari maka bisa diatasi dengan memberi naungan sampai benih berkecambah dan dikenalkan dengan sinar matahari secara bertahap.


Benih Berukuran Kecil-Besar

Benih seperti benih sawi, kubis, cabai, terong, tomat, selada  dan benih pada umumnya perlu direndam di air agar mempercepat perkecambahan. Pastikan menggunakan air yang bersih. Gunakan pot kecil untuk menyemai benih. Isi ¾ bagian pot dengan media kemudian.  Taruh 2-3 benih untuk setiap pot dan timbun dengan tanah sekitar 0,5-1cm. Benih lebih dari 1 untuk antisipasi jika benih tersebut tidak tumbuh. Jika benih lebih dari 1 dalam satu pot kecil tumbuh semua maka dapat dilakukan penjarangan yaitu membuang benih yang sudah tumbuh dan disisakan 1 saja agar pertumbuhan bisa maksimal. Jika sayang untuk membuang benih tersebut maka dapat dipindahkan ke pot kecil lain.

Pot kecil untuk menyemai bisa berupa tray semai, pot kecil, polybag kecil, pralon yang dipotong-potong maupun botol/ gelas air mineral bekas. Bibit siap dipindah saat tanaman memiliki 3-5 daun. Pindah tanam paling baik adalah sore hari.





Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Ninu Farm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger