MEDIA TANAM

MEDIA TANAM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiS3Mw0z4nLVJ-8SZgZa0wxqc75SNVsuWj2MgXoJ1RrKZrYbetRYVHvYQrzyfRbN70xlwT2jE_dp_bia2dnVqSv4yZh78z-nx94ZGQ69xflOPK-7L88fu1dGrbQkdX3xiI2f8qwy5exyE4b/s72-c/bok-choy.jpg
Sebelum kita menanam maka perlu kita perhatikan dimana tempat kita akan menanam. Pertama kita putuskan ingin menanam ala hydroponik dengan media air atau menanam dengan media tanah. Jika menanam dengan sistem hidroponik, maka yang perlu disiapkan adalah media air dan media pendukung seperti rock woll/arang sekam dll. Jika ingin menanam di tanah maka juga perlu dipahami masing-masing media beserta fungsinya masing-masing.






Tanah
Tanah menurut ninufarm merupakan media yang sangat penting jika anda ingin menanam di tanah baik konvensional maupun secara organik. Jenis tanah bermacam-macam dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum tanah yang baik untuk menanam adalah tanah yang seimbang komposisinya. Tanah yang didominasi pasir maka tanah kurang baik karena buruk dalam menyimpan air dan nutrisi, sedangkan tanah yang didominasi lempung maka buruk dalam drainase airnya.


Pasir
Pasir merupakan fraksi pembentuk tanah. Pasir dapat digunakan sebagai media tanam. Kelebihan pasir adalah memiliki aerasi yang baik sehingga akar tanaman bisa bernafas dengan baik. Kekurangan dari pasir adalah kurang baik dalam menyimpan air dan nutrisi karena akan mudah lolos lewat pori-pori pasir yang besar. Pasir memiliki sifat lepas-lepas sehingga dapat dijadikan sebagai pembenah tanah pada tanah dengan lempung yang tinggi agar tanah menjadi lebih gembur.


Sekam
Sekam berasal dari kulit gabah. Terdapat 2 jenis sekam yg biasa digunakan sebagai media tanam yaitu sekam mentah dan sekam bakar. Sekam memiliki aerasi yang baik bagi akar tanaman. Fungsi sekam untuk campuran tanah baik untuk menggemburkan tanah sehingga perakaran tanaman lebih baik.


Pupuk Kandang,Kompos, & Vermikompos

Secara garis besar Pupuk Kandang,Kompos, & Vermikompos sama-sama bahan organik yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Yang membedakan adalah proses terbuatnya. Pupuk kandang baik yang berasal dari kotoran ayam, sapi, kelinci, maupun kambing awalnya berasal dari bahan organik yg dimakan ternak seperti rumput, bekatul, tanaman dll. 





Kotoran ternak tersebut dikomposkan menjadi pupuk kandang. Kompos merupakan sisa-sisa tanaman seperti jerami, dedaunan dan sisa sayuran yang dikomposkan. Sedangkan vermikompos merupakan pupuk yang berasal dari kotoran cacing tanah yang memakan sisa-sisa limbah organik seperti sisa sayuran maupun dedaunan. Semua media tersebut memiliki baik untuk pertumbuhan tanaman. Media tersebut memiliki agregasi yang baik, dapat menyimpan air dan nutrisi dengan baik, dan aerasi yang baik. Selain itu semua media tersebut juga sekaligus menjadi pupuk bagi tanaman.

Jadi menanam dengan media tanah atau menanam dengan media air sistem hidroponik itu pilihan anda...


Jika memakai tanah maka anda dapat menentukan jenis media dan komposisinya untuk pertumbuhan tanaman anda :)
Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Ninu Farm - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger